Nina Sahabatku  

Nina Sahabatku


Nina adalah seorang gadis cilik berumur 5 tahun. Ia tinggal di peternakan persama dengan ayah dan ibunya. Di peternakan Nina memiliki teman-teman yang selalu menemaninya bermain dan belajar. Ada Monmon si monyet, Yamyam si ayam, Baubau si kerbau, Paipai si tupai dan Bingbing si kambing. Meski terkadang mereka suka membuat keonaran, tapi mereka saling menyayangi. Bersama dengan kelima teman-temannya, Nina banyak belajar mengenai alam. Lewat alam, terciptalah lagu-lagu indah yang selalu Nina dan teman-teman dendangkan bersama-sama mengenai pelangi, hujan, burung layang-layang, bulan dan lain sebagainya. Nina juga belajar banyak hal melalui alam, seperti mengenal huruf, membaca, berhitung, mengenal warna dll.
Nina Sahabatku  

Episode 01 - Barisan Musik


Suatu pagi di peternakan, BingBing masih terkantuk-kantuk. Tiba-tiba datang Monmon membawa tutup panci besar yang sengaja dibunyikan di depan muka BingBing. DUEEEENG!!! BingBing kaget.Semua penghuni peternakan sangat terganggu dengan kekacauan yang dibuat Monmon. Monmon mengajak semua teman-teman untuk memainkan barang-barang bekas yang ada di gudang.Dan hasilnya, mereka berhasil membuat keributan di areal peternakan.Nina sampai kaget.Apa yang terjadi? Nina pun mengajari teman-temannya untuk memainkan alat music dari barang-barang bekas yang ada di gudang.Masing-masing mencoba membunyikan barang yang dipegannya.Ada tutup panci, botol bekas, ember dll.Mereka belajar mengenal bunyi-bunyian. Setelah berlatih, Nina mengajak teman-temannya untuk membuat barisan music.Semua teman-teman Nina berbaris sambil membawa alat music dari barang bekas mengitari peternakan.Ternyata dari barang-barang bekas, kita bisa membuat suatu orkes music yang menyenangkan.
Nina Sahabatku  

Episode 02 - Hujan


Hujan turun di pagi hari. Nina sedih, karena jika hujan turun ia tidak bisa bermain di peternakan. Akhirnya Nina memberanikan diri untuk meminta ijin kepada Ibu agar tetap diperbolehkan main di peternakan.Ibu mengijinkan, asalkan menunggu hujan sedikit reda dan memakai jas hujan, payung serta sepatu boot. Sesampainya di peternakan, semua teman-teman Nina malah bersembunyi.Mereka rupanya tidak suka dengan hujan.Kemudian Nina menjelaskan bahwa mereka masih bisa bergembira meskipun hari hujan.Nina belajar berhitung dan mencocokkan gambar.Masing-masing temannya diberikan jas hujan, payung dan sepatu boot. Ternyata pada saat ujan, bunga-bunga bergembira, begitu juga dengan hewan-hewan lain yang senang karena hujan datang, seperti katak dan ikan.Jadi jika hujan tiba, mereka tidak perlu bersedih lagi. Dengan riang Nina dan teman-temannya bernyanyi dan menari lagu HUJAN bersama-sama.
Nina Sahabatku  

Episode 03 - Kereta Api


Suatu pagi, suasana di peternakan sudah ramai.Yamyam mengajak teman-temannya untuk bermain petak umpet.Tapi ternyata malah kacau balau.Tidak lama kemudian Nina datang.Nina membawa sebuah buku cerita berjudul KERETA API.Semua teman-teman Nina berkumpul untuk membaca buku bersama-sama. Ternyata tidak semua teman-teman Nina tahu apa yang dimaksud dengan Kereta Api. Nina lalu menjelaskan. Mereka pun berandai-andai naik kereta api. Dan di imajinasi mereka, Nina dan teman-teman naik kereta api bersama-sama. Apa saja yang harus dilakukan sebelum naik kereta api? Ya, mereka harus membeli tiket terlebih dahulu. Tapi apa yang terjadi, ternyata saking semangatnya Monmon sudah lebih dahulu naik ke dalam kereta. Nina dan teman-temannya pun berlarian mengejar Monmon. Untung saja di dalam kereta, mereka berhasil menemukan Monmon.Sambil memandang pemandangan dari dalam kereta, mereka pun bernyanyi lagu KERETA API.
Nina Sahabatku  

Episode 04 - Gembira Berkumpul


Semua hewan sedang menikmati sarapan paginya.Tiba-tiba BauBau menjerit, karena giginya sakit.Semua hewan panik.Apa yang harus mereka lakukan? Nina bangun pagi.Mandi.Sikat gigi.Sarapan.Bertemu ibu.Lalu ke kandang.Yamyam memberi tahu Nina kalau Baubau sedang menangis.Giginya sakit. Nina melihat gigi BauBau.Ada banyak rumput menyelip di gigi Baubau.Pasti BauBau tidak pernah menyikat giginya. Baubau selama ini tidak tahu harus menyikat gigi dengan apa. Nina dan semua hewan siap-siap untuk menggosok gigi bersama.Tiba-tiba Paipai berseru, kalau dia juga belum dapat sikat gigi.
Nina Sahabatku  

Episode 05 - Sukacita


Nina sibuk mencari kaos kakinya yang terselip.Kamarnya pun menjadi berantakan. Ibu datang dan memberi tahu Nina, bahwa jika ia ingin mencari sesuatu, harus merapihkan kamarnya terlebih dahulu. Nina pun mengajak penonton di rumah untuk merapihkan kamarnya bersama-sama.Dan kemudian, kaos kaki Nina pun ketemu. Sesampainya di peternakan, Nina sangat kaget, karena halaman peternakan sangat kotor.Rupanya masing-masing penghuni peternakan sedang sibuk dengan urusannya sendiri.Monmon sibuk makan pisang, dan kulitnya dibuang sembarangan.Baubau baru saja pulang dari sawah, sehingga kakinya penuh dengan lumpur, sedangkan Yamyam sibuk menggali tanah mencari cacing untuk makan siangnya. Nina mengajak semua teman-teman untuk membersihkan halaman peternakan bersama-sama. Mereka lalu belajar mengenal alat-alat kebersihan, seperti : sapu, pengki, tempat sampah dll. Ternyata jika suatu pekerjaan di lakukan secara bersama-sama dengan hati yang suka cita, lebih menyenangkan dan meringankan.Mereka pun membersihkan peternakan sambil bernyanyi lagu SUKA CITA.
Nina Sahabatku  

Episode 06 - Libur Tlah Tiba


Nina terbangun di pagi hari dan bersiap-siap untuk berangkat sekolah.Ternyata hari itu Nina libur.Nina senang sekali.Nina bermain di peternakan. Nina mengatakan pada semua teman-temannya kalau hari ini ia libur, jadi bisa bermain puas bersama dengan mereka. Teman-temannya senang. Tapi ternyata Yamyam sedih mengetahui Nina libur. Kenapa ya? Yamyam menyangka kalau Nina libur, pasti Nina akan pergi ke luar kota dan meninggalkan mereka. Nina tertawa mendengarnya. Nina menjelaskan pada Yamyam, kalau liburan kali ini ia tidak akan pergi ke luar kota. Horeee semua bersorak girang. Nina mengajak teman-teman untuk membuat boneka jerami.Caranya mudah sekali.Mereka hanya membutuhkan barang-barang yang ada di gudang.Seperti panci bekas, baju bekas dan tentu saja jerami.Bersama Nina mereka mengenal bagian tubuh, seperti kepala, tangan, kaki, mata dll. Boneka jerami pun sudah jadi. Nina akan memberikan boneka jerami ini untuk ayah. Boneka ini berfungsi untuk menghalau burung-burung yang akan mencuri bulir-bulir padi. Setelah itu mereka pun bernyanyi lagu LIBUR TELAH TIBA.
Nina Sahabatku  

Episode 07 - Anak Gembala


Nina bangun pagi. Mandi.Sikat gigi.Sarapan.Bertemu ibu.Ibu sedang membuat kue.Nina membantu ibu.Ternyata ibu mempunyai cetakan kue beraneka ragam bentuk. Ada Segitiga, segi empat dan lingkaran. Nina mengenalkan beragam bentuk kepada penonton di rumah. Setelah kue matang, Nina membawa ke peternakan.Di peternakan, hewan-hewan sedang bermain AKU INGIN MENJADI. Bingbing ingin menjadi Monmon, sampai-sampai ia terjatuh dari dahan pohon. Paipai ingin menjadi Yamyam, sampai-sampai suaranya serak menirukan suara Yamyam. Ternyata tidak mudah menjadi orang lain.
Nina Sahabatku  

Episode 08 - Pemandangan


Nina memberi kejutan untuk Ibu, sebuah gambar pemandangan buatannya sendiri.Ibu sangat senang. Nina menceritakan gambar apa yang dia buat, ada sawah, pohon, gunung, matahari dan awan. Ibu akan memajang gambar Nina di ruang tamu. Nina mengajak teman-temannya untuk piknik di peternakan.Nina membawa keranjang piknik berisi makanan, tikar dan teropong.Cuaca dan pemandangan saat itu sangat indah.Mereka satu per satu melihat gunung, sawah, pohon, dan awan yang biru menggunakan teropong. Setelah piknik, Nina dan teman-temannya menggambar bersama.Ada yang menggambar pohon, gunung, sawah dan awan.Semua senang.Kemudian Nina pun mengajak teman-temannya untuk menyanyi dan menari lagu PEMANDANGAN.
Nina Sahabatku  

Episode 09 - Pelangi


Di luar rumah Nina, hujan turun.Nina sedih karena tidak bisa bermain di peternakan.Nina teringat kalau ayahnya baru saja membelikannya buku berjudul PELANGIi.Nina meminta Ibu untuk membacakan buku.Tidak lama kemudian, hujan reda. Ibu berkata jika hujan sudah reda dan matahari muncul, maka biasanya akan ada pelangi. Nina penasaran.Ibu dan Nina pergi ke halaman rumah.Ternyata disana terdapat pelangi yang sangat indah.Nina senang sekali. Nina datang ke peternakan.Mengajak teman-temannya untuk melihat pelangi.Setelah itu mereka belajar mengenal warna yang ada di pelangi.Ada merah, kuning, hijau, dan biru.Mereka pun mewarnai gambar pelangi yang belum ada warnanya. Lalu Nina mengajak teman-teman untuk mencari barang-barang di sekitar peternakan yang berwarna sama dengan warna-warna yang ada di pelangi. Semua teman-teman berlomba untuk mencarinya. Di akhir cerita, Nina dan teman-teman menari dan menyanyi bersama lagu PELANGI
Nina Sahabatku  

Episode 10 - Bintang Kejora

Nina Sahabatku  

Episode 11 - Aku Anak Indonesia


Nina memperhatikan ayahnya yang sedang mengibarkan bendera merah putih.Banyak pertanyaan yang ada di kepala Nina.Apa yang sedang ayah lakukan? Ayah menjelaskan mengapa ia mengibarkan bendera merah putih. Ayah juga menjelaskan apa arti bendera merah putih. Nina tidak sabar untuk membuat bendera merah putih dengan teman-temannya di peternakan. Sesampainya di peternakan Nina bercerita pada teman-temannya bahwa bendera Negara Indonesia adalah merah putih.Mereka pun mulai belajar mengenal warna merah dan putih. Benda-benda apa saja di sekitar mereka yang berwarna merah? Benda-benda apa saja di sekitar mereka yang berwarna putih? Setelah belajar mengenal warna, mereka pun belajar membuat bendera merah putih dari kertas berwarna.Ternyata mudah ya.Setelah semua teman Nina membawa bendera merah putih buatan sendiri, Nina mengajak teman-temannya untuk berbaris mengitari peternakan sambil bernyanyi lagu AKU ANAK INDONESIA.
Nina Sahabatku  

Episode 12 - Ambilkan Bulan Bu


Nina sudah mau tidur, tapi kemudian ia melihat ada cahaya menembus jendela kamarnya. Ketika Nina membuka jendela kamar, ternyata tampak sebuah bulan bersinar terang.Nina ingin sekali melihat lebih jelas. Nina pergi ke pertenakan.Ternyata teman-temannya belum tidur, karena terganggu oleh suara dengkuran Baubau.Nina mengajak semua temannya untuk pergi ke halaman peternakan melihat bulan. Nina dan semua temannya terkagum-kagum melihat keindahan bulan purnama.Nina ingin sekali mengambil bulan tersebut.Monmon pun mengatakan mudah sekali kok kalau mau mengambil bulan.Semua tampak bingung. Bagaimana caranya? Ternyata Monmon berusaha untuk mengambil bulan dengan memanjat ke pucuk pohon.Tapi tidak berhasil.Ia juga mencoba naik diatas tumpukan karung. Tidak berhasil juga.Ternyata tidak mudah ya mengambil bulan. Kemudian datang Ibu ke peternakan.Ia melihat Nina yang sedih sambil memandang bulan. Nina menceritakan keinginannya.Ibu punya ide. Ibu mengambil ember kayu yang diisi air, kemudian meletakannya persis di bawah sinar bulan purnama.Dan tampak pantulan cahaya bulan yang mengambang di atas permukaan air.Nina senang sekali. Bulan yang tadinya sangat jauh diatas langit, kini bisa ia lihat lebih dekat.
Nina Sahabatku  

Episode 13 - Paman Datang

Nina Sahabatku  

Episode 14 - Salamku Kawan

Nina Sahabatku  

Episode 15 - Pohon Cemara

Nina Sahabatku  

Episode 16 - Naik Kelas


Nina bangun pagi. Seperti biasa ia melakukan tugasnya. Membereskan tempat tidur, mandi, sikat gigi, sarapan dan minum susu. Ibu senang melihat Nina sudah menjalankan tugasnya pagi itu dengan baik.Lalu ibu memberikan sebuah stiker bintang dan memasangkannya di dada Nina.Nina senang sekali. Sesampainya di peternakan, teman-temannya minta diajarkan membaca dan menulis.Nina pun mengajak mereka untuk bermain sekolah-sekolahan.Nina yang menjadi ibu guru, teman-temannya menjadi murid.Nina mengajarkan mereka membuat huruf A, lalu menggambar buah Apel.A untuk Apel. Teman-teman Nina membaca huruf A bersama-sama dan menggambar apel dengan baik.Nina sebagai ibu guru memutuskan mereka semua naik kelas. Nina dan teman-teman bermain dan menyanyi bersama lagu NAIK KELAS
Nina Sahabatku  

Episode 17 - Burung Gelatik


Nina Sahabatku  

Episode 18 - Api Unggun


Nina, Ibu dan Ayah bersiap-siap untuk berkemah di peternakan.Mereka membawa tenda, makanan, tikar dll.Sesampainya di peternakan, Nina membantu Ibu untuk mendirikan tenda.Tapi ternyata, Ibu tidak membawa tali. Tidak lama kemudian Ayah datang dan memberikan tali. Mereka pun memasang tenda bersama-sama. Ayah memotong kayu dan ranting untuk membuat kayu bakar. Nina membantu Ayah, membawakan ranting pohon ke tengah peternakan. Nina mengajak penonton untuk bersama-sama menghitung ada berapa banyak ranting yang ia bawa. Api unggun sudah menyala. Nina senang sekali.Suasana menjadi hangat.Ibu mempunyai ide untuk membakar jagung. Ibu dan Ayah kembali ke rumah mengambil jagung. Sementara ibu dan ayah masuk ke rumah,Nina memanggil sahabat-sahabatnya. Tidak lama muncul Bingbing, Baubau, Yamyam, Monmon dan Paipai.Yamyam panic, karena disangkanya ada kebakaran. Nina menjelaskan bahwa itu adalah api unggun. Nina pun mengajak semua sahabatnya untuk menikmati hangatnya api unggun sambil menyanyi dan menari lagu API UNGGUN. Peternakan seketika menjadi kotor.Mereka pun beramai-ramai membersihkan halaman peternakan.Tidak lama ayah dan ibu datang, teman-teman Nina pun segera pamit pulang.
Nina Sahabatku  

Episode 19 - Mendaki Gunung


Nina Sahabatku  

Episode 20 - Bus Kota


Nina mendapat kiriman mainan bis dari nenek di desa. Nina senang sekali.Nina menunjukkan mainan Biskepada teman-temannya.Teman-teman Nina ingin sekali bisa naik bis.Tapi bagaimana caranya ya? Nina meminta mereka semua untuk memejamkan mata.Dan ketika mata mereka dibuka, ada sebuah gerobak kayu yang dapat dinaiki bersama.Nina mengajak teman-teman untuk naik ke dalam gerobak dan menganggap bahwa gerobak itu adalah bis.Nina yang menjadi kondektur. Semua teman-teman Nina yang ingin naik ke dalam ‘bis’ harus membayar tiket bis terlebih dahulu. Tapi bagaimana cara membayarnya? Tiket bis dapat ditukar dengan bungkilan jagung milik Yamyam. Yamyam membagikan bungkilan jagung untuk teman-temannya.Setelah semua membeli tiket, mereka pun masuk ke dalam gerobak.Nina mengajak semua temannya untuk berjalan mengitari peternakan, sambil menyanyi dan menari dengan lagu BUS KOTA.
Nina Sahabatku  

Episode 21 - Layang-Layang


Nina dan teman-temannya ketika sedang bermain di peternakan. Tiba-tiba salah satu dari mereka melihat kea rah langit.Tampak laying-layang terbang di udara.Yamyam sangka itu adalah seekor burung.Lalu Nina menjelaskan bahwa itu bukan burung, melainkan laying-layang.Nina mengajak teman-temannya untuk membuat laying-layang dari kertas. Monmon melihat ada layangan putus.Layang-layang tersebut terjun bebas ke bawah.Monmon mengejarnya.Tapi ternyata laying-layang tadi nyangkut di pohon.Dengan lihai Monmon mengambilnya.Tapia pa yang terjadi?Layang-layang tadi malah robek. Monmon pun bingung bagaimana cara turun dari pucuk pohon. Nina membantu Monmon turun dengan tangga. Monmon sedih karena laying-layangnya robek.Nina menghibur Monmon kemudian mengajak semua teman membuat layangan sendiri. Nina menjelaskan secara bertahap bagaimana cara membuat laying-layang. Setelah jadi, Nina mengajak teman-temannya untuk menghisa laying-layang dengan kertas berwarna yang sudah digunting membentuk segitiga, bujur sangkar dan lingkaran.Mereka pun belajar mengenal bentuk dan warna. Sesudah layangan jadi, Nina dan teman-teman bersama-sama menerbangkannya ke angkasa sambil bernyanyi LAYANG – LAYANG.
Nina Sahabatku  

Episode 22 - Awan Putih


Nina Sahabatku  

Episode 23 - Kasih Yang Abadi


Nina Sahabatku  

Episode 24 - Teman Lama


Nina Sahabatku  

Episode 25 - Tupai

 


Nina Sahabatku  

Episode 26 - Burung Layang-Layang


Nina Sahabatku  

Nina Sahabatku - Official Trailer


<< Previous | Next >>

<Playback Stop Play >

Nina Sahabatku12345678910 11121314151617181920 212223242526Trailer